Saturday, February 07, 2009

KIAT-KIAT MENGHADAPI UAN

UAN tinggal beberapa hari lagi, sebagian siswa merasa bahwa mereka belum siap untuk menghadapi UAN tersebut. Para siswa beranggapan bahwa UAN merupakan momok yang harus ditakuti, padahal soal-soal UAN bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan SNMPTN atau UM-UGM. Tapi, rasa tanggung jawab lebih banyak ada di UAN karena ujian ini sangat menentukan apakah kita akan lulus dari SMA atau tidak. Apalagi UAN semakin mnjadai lebih “menyeramkan” karena nilai rata-rata kelulusan naik setiap tahunnya. Saat ini nilai rata-rata kelulusan menyentuh angka 5,5. Berikut ini ada beberapa kiat-kiat menghadapi UAN agar dapat menyelesaikan UAN dengan baik tanpa beban pikiran.

1. Mulailah mengumpulkan materi-materi dari kelas X sampai kelas XII. Apabila ada yang hilang maka segeralah pinjam pada temen atau pergi ke perpustakaan sekolah untuk mendapatkan materi yang hilang tersebut.

2. Mengumpulkan soal-soal latihan ujian kemudian kerjakan dengan diberi waktu. Biasanya, soal yang akan anda hadapi brjumlah sekitar 40-50 soal yang akan ditempuh dalam waktu 120 menit. Berlatihlah semampu yang anda bisa nanti lama-lama kemampuan Anda akan terasah dengan sendirinya.

3. Bila sekolah Anda mengadakan tes untuk mempersiapkan UAN maka berusahalah untuk mengerjakan sendiri. Hal itu berguna untuk mengetahui seberapa besar kemampuan Anda dalam mengerjakan soal secara individu.

4. Cobalah untuk mmperhatikan pelajaran di sekolah 2 bulan sebelum UAN diadakan. Biasanya, para guru mengulang kembali pelajaran kelas X sampai kelas XII apabila materi kelas XII telah selesai. Guru yang peduli akan memberi pengarahan dalam menghadapi UAN besok.

5. Mempererat tali persaudaraan antar sesame teman di kelas. Hal ini biasanya akan menciptakan saling pengertian dan peduli antar sesame teman sekelas. Acara ini bisa diselenggarakan dengan cara saling merenung dan berdoa bersama. Kegiatan ini biasanya dilakukan sehari sebelum UAN.

6. Melepaskan beban pikiran yang mengganggu yang tidak terkait dengan UAN. Sangat disayangkan apabila saat-saat menghadapi UAN Anda terganggu dengan beban pikiran yang tidak penting.

7. Persiapkanlah alat tulis yang Anda gunakan dalam mengerjakan UAN. Kalau tidak dipersiapka dengan baik dikhawatirkan akan mengganggu dalam mengerjakan soal UAN yang membuat hati tidak tenang.

8. Langkah terakhir adalah berdoa menurut agama dan keyakinan yang dianut. Guru saya pernah bilang bahwa usaha dan doa harus berjalan seimbang apabila salah stu ada yang rumpang maka akan sia-sia. Tak lupa Anda harus meminta doa restu kepada kedua orang tua Anda masing-masing.

Saat-saat ini belumlah terlambat bagi Anda untuk mengubah masa depan Anda. Maka dari itu wujudkan keinginan Anda untuk bisa menjadi nyata. Karena dibalik keberhasilan seseorang dibelakangnya terdapat tetesan peluh yang menjadi bhan baker untuk mencapai keberhasilan tersebut.

No comments:

Post a Comment