Saturday, February 07, 2009

BIMBINGAN BELAJAR SEMAKIN MENJAMUR

Setelah masa orde baru, salah satu lembaga komersial yang paling diminati saat ini adalah lembaga bimbingan belajar. Tak heran jika beberapa lembaga bimbingan menjadi lahan bisnis beberapa orang sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat jalur pendidikan. Semakin maraknya usaha lembimjar (Lembaga Bimbingan Belajar) secara tidak langsung membantu upaya pemerintah dalam menangani masalah pendidikan yang ada di Indonesia seperti kualitas pendidikan yang semakin memprihatinkan dari tahun ke tahun. Biasanya sauasana belajar mengajar dalam lembimjar tak ubahnya seperti di sekolah. Hanya saja di lembimjar lebih menekankan pada pemahaman materi yang sesingkat-singkatnya. Para tentor (staf pengajar yang ada di lembimjar) biasanya memberikan rumus cara belajar secara aktif dan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Tapi, permasalahan datang dari siswa lembimjar sendiri. Para siswa menjadikan lembimjar sebagai tempat pelarian mereka untuk bisa kelur dari rumah apalagi waktunya malam hari. Selain itu siswa di lembimjar umumnya merasa lebih bebas dalam arti negatif daripada di sekolah. Terkadang mereka datang terlambat pada waktunya, absent di jam efektif, dan berbuat gaduh di kelas. Itu terjadi karena lembimjar merupakan lembaga pendidikan yang informal tidak seperti di sekolah yang sangat menekankan siswanya untuk disiplin. Walaupun pihak lembimjar telah memberlakukan peraturan tetapi tetap saja tidak dapat dilaksanakan karena kurang disiplinnya siswa itu sendiri.

Beberapa lembimjar telah dididirikan dan mencapai kota Solo. Diantaranya adalah Ganesha Operation (GO), Neutron, Primagama, Gamma 88, dan lain-lain. Semua lembimjar tersebut mempunyai kelebihan tersendiri dalam menyelesaikan soal-soal. Bahkan ada lembaga bimbingan khusus seperti lembga bimbingan bahasa asing. Semua itu merupakan usaha untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia guna menghadapi era globalisasi.

1 comment:

  1. nggih mas....


    Promosi skalian toh....

    Padune ben fotone disbar2ke to...

    Wah,, mang niat jhat...hehehe

    Tp kula appreciate menika...

    Sregep bngt...

    Weh...ikt2 smboynq...n ulis lg dh yg lucu kek,,,jgn srius2

    ReplyDelete