Saturday, February 06, 2010

KEKUATAN DUNIA MAYA

Internet sekarang menjadi “makanan pokok” sebagian besar masyarakat di dunia. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan IPTEK yang semakin pesat tiap hari bhkan tiap jamnya. Salah satu produk internet yang digemari adalah situs jejaring sosial (Friendster, Facebook, Twitter) dan pembuatan web pribadi (blog) yang seakan-akan “meracuni” masyarakat khususnya para remaja sejauh ini. Tetapi hal tersebut belum sepenuhnya benar karena beberapa angkatan tua yang sehari-hari disibukkan oleh pekerjaan juga ikut ambil bagian untuk lebih aktif dalam dunia maya dengan berbagai kepentingan tertentu. Salah satu angkatan tua yang mulai aktif dalam dunia maya tahun ini adalah Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama.

Aktif dalam dunia maya, itulah resolusi Perdana Menteri Jepang ini pada tahun 2010. Tepat pada 1 Januari lalu, Hatoyama memublikasikan sebuah blog pribadi dan satu akun Twitter pribadi. Hatoyama menyadari kekuatan pengaruh sosial media terhadap masyarakat. “Selamat tahun baru” adalah tweet pertama Hatoyama yang beralamat di Twitter.com/hatoyamayuki pada Jumat 1 Januari lalu. Dia juga mengaku tweet tersebut adalah asli tulisan tangannya dan menargetkan bisa mengirimkan satu tweet tiap harinya agar dia terbiasa dengan Twitter.

Hatoyama juga membuat sebuah blog yang beralamat di Hatocafe.kantei.go.jp. Salah satu postingnya adalah permintaan maaf kepada rakyat atas skandal keuangan yang terjadi dalam kabinet pemerintahannya.

Dunia maya adalah sebuah terobosan terbesar dalam sejarah umat manusia yang diharapkan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan IPTEK. Penggunaan produk internet ditujukan untuk meningkatkan wawasan serta membangun sebuah jaringan sosial yang terpisah ruang dan waktu agar lebih efisien. Kita sebagai generasi muda janganlah menyalahgunakan produk ini untuk hal yang tidak penting bahkan merugikan generasi muda. Gunakanlah IPTEK sebagai media untuk membangun kreativitas, menuangkan ide dan pendapat serta memajukan bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment