Monday, November 01, 2010

ANAK INDONESIA HARAPAN MASA DEPAN

Di dalam suatu bangsa pasti terdapat berbagai kelompok manusia yang tinggal dan beraktivitas sebagai penghuni bangsa tersebut. Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang pada akhirnya pasti akan mati dan tidak akan hidup kekal. Maka dari itu manusia dalam menjalani hidupnya mempunyai keinginan yang kuat untuk meneruskan keturunan manusia berikutnya dengan melahirkan generasi manusia-manusia baru yang akan meneruskan dan mewarisi apa yang telah didapat oleh orang tuanya dahulu.

Berbicara tentang meneruskan keturunan tidak lepas dari anak sebagai generasi baru. Anak pada dasarnya telah mempunyai kemampuan yang telah dianugrahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa bahkan masih dalam kandungan. Setelah lahir ke dunia potensi tersebut akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar baik lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat, baik pengaruh yang positif maupun negatif. Sebagai orang tua seharusnya kita memberikan pengaruh yang positif terhadap anak, salah satu pengaruh itu adalah pendidikan. Pendidikan secara umum terdiri dari pendidikan formal {sekolah} dan informal {luar sekolah}. Pada usia anak-anak pendidikan merupakan hal yang sangat berperan bagi perkembangan anak. Maka dari itu pendidikan harus selalu ditingkatkan baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Keadaan dan kondisi anak merupakan faktor yang esensial dalam menentukan kurikulum nasional. Selain itu perencanaan yang sistematis dalam penyajian materi kepada anak wajib dilakukan oleh guru di sekolah agar tingkat pemahaman anak optimal. Dalam diri anak tersebut juga harus ada motivasi dan motivasi tersebut timbul karena pengaruh orang tua.


Anak harus dibekali dengan pendidikan yang cukup agar mampu menghadapi masa depan yang semakin keras. Secara global, pendidikan akan berpengaruh terhadap bangsa melalui perantara anak-anak atau generasi baru. Perbaikan pendidikan harus segera dilakukan karena masa depan bangsa tertumpu pada anak-anak calon pemimpin bangsa. Untuk itu kita sebagai orang yang akan mewarisi bangsa kepada anak-anak kita nanti harus bisa memelihara dan memperbaiki bangsa ini agar tidak mempersulit generasi yang akan datang.

No comments:

Post a Comment