Monday, November 01, 2010

Hubungan Antara CSR (Corporate Social Responsibility) Dengan GCG (Good Corporate Governance)

Penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) di berbagai perusahaan di Indonesia menunjukkan perkembangan menggembirakan. Timbulnya kesadaran untuk menerapkan prinsip Good Corporate Governance (itu tidak terlepas dari tuntutan perekonomian modern yang mengharuskan setiap perusahaan dikelola secara baik dan bertanggung jawab dengan mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing, meliputi pemegang saham, direksi, dewan komisaris serta pihak-pihak lain.

Sebagai salah satu komponen kritikal dalam perekonomian, perusahaan-perusahaan di Indonesia, swasta maupun BUMN, sebagai pemegang memiliki peran penting untuk memacu pertumbahan pertumbuhan ekonomi, termasuk ekonomi masyarakat. Hal ini sejalan dengan penerapan prinsip GCG yang menghendaki terakomodasinya kepentingan stakeholders dalam pengelolaan bisnis.

Aktivitas ekonomi yang dijalankan perusahaan sebagaimana prinsip etika bisnis diharapkan bermanfaat tidak hanya bagi perusahaan itu sendiri, tetapi juga bagi masyarakat. Penerapan etika bisnis tersebut merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial-moral suatu institusi bisnis dan para pelaku dunia usaha terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Menerapkan Penerapan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan (Corporate Social Responsibility CSR) secara benar berarti juga memenuhi prinsip responsibilitas yang diusung GCG. Penerapan CSR secara konsisten merupakan bagian dari upaya memaksimalkan nilai perusahaan. CSR merupakan komitmen perusahaan berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan tetap mengedepankan peningkatan kualitas hidup karyawan beserta keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas.

Jadi, salah satu implementasi GCG di perusahaan adalah penerapan corporate social responsibility (CSR).

5 comments:

  1. Selamat malam :) saya pengen tau nih, ada ngga dasar yang pasti yang bilang bahwa salah satu implementasi gcg di perusahaan adalah penerapan csr?? Skripsi saya berhubungan dengan csr mempengaruhi gcg, tapi saya ga dapet" bukti otentiknya yang bilang bahwa csr adalah salah satu bentuk implementasi yang dapat mempengaruhi gcg :) terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. maaf lagi bales mbak fauziaherdiyanti biasa lagi "galau" kuliah nh..hehe...

    nek dasar hukum saya belum tahu...tapi nek dari pandanganku biasanya perusahaan yang sudah mapan pasti melakukan hal tersebut mbak, sekalian promosi kepada masyarakat....jadi sudah seperti kebiasaan bagi para perusahaan yang sudah mapan...

    sukses buat skripsinya mbak...klo sdah dapat dasar hukumnya saya diberitahu yah...hehehe..:)

    ReplyDelete
  3. dalam uu no 40 tahun 2007 tentang PT coba cek kayaknya disinggung juga tentang CSR,,,

    ReplyDelete
  4. ow yah.....

    hmmmm.....ntar ku liat kyanya ku dah pernah dengar tu UU....

    thanks for infonya...:)

    ReplyDelete
  5. terimakasih ya postingannya, sangat membantu penyelesaian paper kami :)

    ReplyDelete